Wisata Malam Alun-alun Selatan Jogja

Pada setiap pemerintahan terhitung keraton Yogyakarta memiliki alun-alun. Ada dua alun-alun di Yogyakarta yaitu Alun-alun selatan atau alun-alun kidul (alkid) ialah satu diantara ke-2 alun-alun di Yogyakarta yang berada di samping selatan Keraton. Ke-2 alun-alun itu punyai Keraton Yogyakarta dan ke-2 alun-alun itu memiliki fungsi yang berbeda. Alun-alun utara memiliki fungsi untuk membuat pekerjaan yang berupa massal. Menurut kepercayaan kejawen alun-alun kidul digunakan menjadi tempat istirahat beberapa dewa dan buat jadi untuk tempat menenagkan hati.

Wisata Baru Jurang Tembelan

Dulu waktu waktu Kasultanan Yogyakarta, alun-alun selatan atau alun-alun kidul ini buat jadi untuk tempat melatih ketangkasan beberapa prajurit keraton seperti berkuda, memanah dan latihan perang lainnya. Beberapa prajurit keraton sering melatih konsentrasi dengan cara berjalan lewat tengah pohon beringin yang ada di Alun-alun dengan mata tertutup. Menurut kepercayaan atau mitos, siapapun yang lewat tengah pohon beringin itu semua kemauannya dapat terkabul.

Lava Bantal, Obyek Wisata Unik dari Sleman Jogja

Sepeda tandem dan odong-odong di Alun-alun selatan sudah dihiasi dengan lampu warna-warni yang didekor dengan menarik. Tetapi agar bisa menggunakan sepeda tandem dan odong-odong itu anda harus membayar Rp. 15.000 – Rp. 30.000. Mengayuh sepeda tandem atau odong-odong mungkin saja pengalaman yang betul-betul menarik.

Kali Oyo Gunung kidul Jogja

Di Alun-alun selatan anda bisa kerjakan wisata kuliner. Banyak pedagang makanan yang ada di sekitar Alun-alun selatan seperti wedang ronde, tempura, es goreng, dan terdapat beberapa jajanan makanan lainnya. Di sekitar Alun-alun selatan ada cafe dan warung kopi yang dapat anda kunjungi.Di sekitar Alun-alun selatn ada jajanan angkringan yang duduk lesehan di atas tikar. Sekaligus menunggu makanan ada anda dapat terjebak pembicaraan dengan rekanan apa sajak yang akan diulas. Dengan pemandangan langit malam serta udara dingin dapat membuat anda rasakan nyaman.

Ruth Blog © 2018 Frontier Theme